Pengalaman melakukan PKL

Pengalaman saya selama melakukan prakrin (PKL)
Selama 2 bulan di pabrik Hasanah di aek paing atas


Bulan pertama melakukan PKL

Pada selasa 5 april 2011 hari pertama kami masuk ke pabrik PKL pertama-tama sangat menyenangkan, kami berkenalan dengan anggota-anggota pabrik yang ramah-ramah, disitu pertama kali kami diajari membuat roti. Ternyata sangat sulit tidak seperti yang kita bayangkan, membuat roti dengan digelek. Rabu, 6 april 2011 hari kedua kami masuk jam 7.00, tiba di pabrik saya disuruh mengemas roti kelapa dan selai, setelah itu saya mengisi selai botol.

Kamis, 7 april 2011 hari ketiga tiba di pabrik saya disuruh membuat roti, sangat sulit,,,,,,,,,,.awalnya roti yang saya buat jelek dan bocor, setelah itu saya disuruh membuat adonan. Jumat, 8 april 2011 hari keempat, setibanya saya langsung disuruh mengemas roti, setelah itu mengelem bungkus roti tersebut, lalu menyapu pabrik. Sabtu, 9 april 2011 hari kelima saya disuruh mengemas, lalu mengolesi roti yang telah membuat. Setelah itu berbincang-bincang dengan taman-teman waktu istirahat sambil makan kue.

Senin, 11 april 2011 semakin lama di pabrik semakin melelahkan, setiba saya disuruh membersihkan Loyang, setelah itu membuat donat lidi, awalnya saya membuatnya sangat susah. Selasa, 12 april 2011 setibanya di pabrik saya disuruh membuat adonan donat bolong, sangat mudah, lalu saya disuruh memoles roti dengan selai. Rabu, 13 april 2011 tiba di pabrik saya mengemas roti, lalu menyapu, kemudian saya mengaduk gula, santan dan tepung serta telur untuk membuat selai, saya mengaduknya sampai pulang.

Kamis, 14 april 2011 setibanya di pabrik saya disuruh memoles donat dengan krim dan ceres, setelah itu saya disuruh membuat donat bolong lalu menggorengnya. Jumat, 15 april 2011 tiba di pabrik saya membuat roti, awalnya kena marah-marah, saya pelajari cara-cara membuat roti bakeri, Sabtu, 16 april 2011 tiba di pabrik saya mengemas roti lalu memotong roti dan mengisi selai, jam 12 disuruh memoles sakura dengan ceres warna, dan memoles donat lidi dengan ceres cokelat.

Senin, 18 april 2011 setelah hamper dua minggu di pabrik semakin tak menyenangkan, saya disuruh-suruh dengan sesuka hati anggota, disuruh mengemas, memoles roti, membersihkan Loyang, mengangkat air untuk adonan bakeri. Selasa, 19 april 2011 setibanya saya langsung disuruh menimbang adonan gula, tepung untuk bakeri serta mengaduk dan memasukkan warnanya, lalu membuat roti. Rabu, 20 april 2011 setibanya saya disuruh membuat krim, pertama membuatnya sulit, belajar untuk mengenal alat-alat di pabrik, lalu memoles donat dan roti. Kamis, 21 april 2011 sampai di pabrik saya disuruh membuat donat bolong, membuat donat lidi, lalu menggorengnya. Jumat, 22 april 2011 sampai di pabrik, saya mengemas roti, mengaduk adonan bakeri, menimbang gula dan tepung. Sabtu, 23 april 2011 saya membuat adonan lidi, lalu mengaduk adonan donat, lalu memoles roti.

Senin 25 april 2011 saya mengemas roti sampai pulang. Selasa 26 april 2011 tiba di pabrik saya disuruh membuat roti, lalu mengaduk gula dan tepung untuk membuat selai, lalu saya mengaduknya sampai pulang. Rabu, 27 april 2011 tiba di pabrik saya mengemas roti, lalu membuat kacang merah, kemudian memoles roti. Kamis, 28 april 2011 tiba di pabrik saya membuat donat lidi, kemudian saya menggoreng donat. Jumat, 29 april 2011 tiba di pabrik saya memotongi roti, lalu mengisi selai botol. Lalu membuat donat bolong, lalu memoles roti bakeri. Sabtu, 30 april 2011 tiba di pabrik saya mengisi selai roti, lalu memotongi roti.

Bulan kedua selama PKL

Senin, 2 mei 2011 setelah satu bulan saya mulai terbiasa dengan suasana di pabrik, setibanya saya langsung membuat roti, memoles dan memotong roti. Selasa, 3 mei 2011 tiba di pabrik saya membuat donat, dan memoles roti, lalu menggoreng donat sampai pulang. Rabu, 4 mei 2011 di pabrik saya membuat selai sampai pulang. Kamis, 5 mei 2011 tiba di pabrik saya membersihkan Loyang, memoles bakeri, lalu mengaduk adonan. Jumat, 6 mei 2011 tiba di pabrik saya memotong roti kecil, mengisi selai dan mengemas, lalu membeli minuman ke galon, kemudian membuat donat lidi. Sabtu, 7 mei 2011 tiba di pabrik saya membuat roti isi, awalnya saya membuat roti manis, lalu membersihkan Loyang, memoles donat dengan krim dan ceres coklat.

Senin, 9 mei 2011 tiba di pabrik saya membuat donat bolong, lalu menggorengnya sampai pulang. Selasa, 10 mei 2011 setibanya di pabrik, saya mengemas donat lidi, lalu mengaduk adonan untuk membuat selai. Rabu, 11 mei 2011 tiba di pabrik saya membuat roti bakeri, lalu memolesnya dengan keju, coklat, strowbery dan susu. Kamis, 12 mei 2011, tiba ditempat PKL saya memotong roti, lalu menyusun loyang, kemudian mengisi selai botol. Keesokan harinya, jumat 13 mei 2011 setibanya di pabrik, saya disuruh membuat donat, membuat roti bakery, lalu mengaduk adonan untuk bakeri, setelah itu memoles roti bakeri dan donat. Sabtu 14 mei 20011 saya tiba di pabrik pada pukul 7.00 WIB, setibanya saya langsung disuruh menimbang adonan tepung dan gula, lalu membuat roti bakeri, setelah selesai roti tersebut dipoles.

Senin 16 mei 2011 saya tiba di pabrik disuruh mengemas roti kelapa dan roti isi. Kemudian belanja, lalu membuat selai sampai pulang pada pukul 13.00 WIB. Selasa 17 mei 2011 tiba di pabrik saya disuruh membersihkan loyang, membuat kacang merah lalu membuat roti bakeri, kemudian membuat donat lidi. Rabu 18 mei 2011, setibanya di pabrik saya memotongi roti kemudian membuat donat bolong, kemudian menggorengnya sampai pulang. Kamis 19 mei 2011, tiba di pabrik saya menyusun loyang, menimbang tepung, memoles roti sakura dan donat, jumat 20 mei 2011, saya mengemas roti lalu memoles bakeri kemudian membuat donat lidi, lalu memoles donat tersebut. Sabtu 21 mei 2011, tiba di pabrik saya membuat roti kelapa, roti manis, lalu memoles roti tersebut.

Senin 23 mei 2011, tiba di pabrik kami disuruh praktek untuk nilai, membuat roti selai, roti kelapa putih, dan roti coklat keju, selasa 24 mei 2011 tiba di pabrik saya membuat donat bolong, dan memoles roti bakeri, kemudian menggorengnya sampai pulang. Rabu 25 mei 2011, tiba di tempat PKL saya mengaduk adonan lalu membersihkan loyang, kemudian memoles roti sakura dan donat. Kamis 26 mei 2011, tiba di pabrik pukul 7.00 WIB saya membuat roti bakeri lalu memoles roti, mengaduk bolu, lalu membersihkan loyang.

Pada hari jumat 27 mei 2011, setibanya di pabrik saya memotong roti kecil, lalu mengemas roti tersebut dan memarut kelapa. Sabtu 28 mei 2011 saya memoles donat untuk dijual lalu membuat donat bolong lalu menggorengnya sampai pulang, senin 30 mei 2011, tiba di pabrik saya mengemas roti, mengisi selai botol, lalu mengemas donat lidi, kemudian memoles roti dan donat, selasa 31 mei 2011, setibanya di pabrik saya membuat donat bolong, lalu pergi belanja kemudian menggoreng donat, rabu 1 juni 2011, tiba di pabrik saya membuat roti bakeri, lalu kemudian kami bergiliran unutk mengikuti ujian, setelah itu saya memoles donat, kamis 2 juni 2011, setibanya di pabrik saya memotongi roti, kemudian mengaduk adonan bolu, kemudian membuat selai sampai pulang. Jumat libur, sabtu 4 juni 2011, tiba di pabrik saya membuat roti bakeri, kemudian membuat donat, memoles roti dan donat, pada pukul 13.00 WIB saya dan teman-teman meminta izin pada ibu pembimbing dan semua anggota pabrik lalu pulang.

Demikianlah pengalaman saya selama PKL 2 bulan, kadang tidak menyenangkan, tapi disini saya dapat banyak belajar dan saya tidak akan menyia-nyiakan hal tersebut, akhirnya saya akan tahu cara bekerja setelah lulus dari sekolah, saya mendapat pengalaman banyak dari tempat PKL selama 2 bulan tersebut, saya menjadi mandiri dan tidak canggung untuk melakukan hal baru, untuk balajar dan bekerja.

0 komentar :

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Topik, Jangan Menggunakan Kata-Kata Kasar, Komentar Dengan Link Aktif Tidak Akan Dipublikasikan

ttd

Admin Blog