Belajar Matematika Dasar Mengenai persamaan GARIS

Operasi Pembagian Bilangan Bulat - Sebelum mempelajari operasi pembagian pada bilangan bulat, sebaiknya kalian memahami terlebih dahulu operasi perkaliannya. Mengapa demikian? Tentu saja itu dikarenakan operasi pembagian merupakan kebalikan dari operasi perkalian. Untuk mengingatkan kembali mengenai operasi perkalian di dalam bilangan bulat, coba perhatikan uraian di bawah ini:

(1) 3 x 4 = 4 x 4 x 4 = 12

Sehingga kita dapat menuliskan 12 : 3 = 4

Atau

3 x 4 = 12 <=> 12 : 3 = 4


(2) 4 x 3 = 3 x 3 x 3 x 3 = 12

Sehingga kita dapat menuliskan 12 : 4 = 3

Atau

4 x 3 = 12 <=> 12 : 4 = 3

Pembagian Bilangan Bulat Positif/Negatif

Agar lebih mudah memahaminya, langsung saja simak contoh-contoh yang ada di bawah ini:

-3 x (-5) = 15, maka:

15 : (-5) = -3
15 : (-3) = -5


-7 x (-4) = 28, maka:
28 : (-7) = -4
28 : (-4) = -7


-12 x (-5) = 60, maka:

60 : (-12) = -5
60 : (-5) = -12


Datum

Datum dibedakan ke dalam dua bentuk, yaitu datum berbentuk bilangan dan datum berbentuk kategori. 

Contoh dari datum berbentuk bilangan adalah berat badan siswa, tinggi siswa, nilai matematika siswa, jarak tempuh sebuah mobil, dsb. 

Sementara contoh dari datum berbentuk kategori berkaitan dengan sifat seperti baik dan buruk, tinggi dan rendah, dsb.

Data

Data juga dibedakan menjadi dua kategori yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data Kuantitatif adalah data yang disajikan dalam bentuk bilangan atau angka dan nilai bisa berubah-ubah nilainya. Data kuantitatif diperoleh dari hasil sebuah pengukuran dengan menggunakan alat ukur misalnya tinggi badan atau berat badan.

Sedangkan Data Kualitatif adalah data yang menjelaskan keadaan yang menggambarkan suatu objek. misalnya selain tampan, Gilang juga pandai bermain bulu tangkis. data kualitatif biasa diperoleh dari penangkapan panca indra yang kita miliki.


Statistika

Dari penjelasan mengenai datum dan data di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Statistika adalah sebuah bidang ilmu yang di dalamnya mempelajari materi yang berkaitan dengan pengumpulan, perhitungan dan pengolahan serta penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh dari sebuah penelitian.


0 komentar :

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Topik, Jangan Menggunakan Kata-Kata Kasar, Komentar Dengan Link Aktif Tidak Akan Dipublikasikan

ttd

Admin Blog