PENGETAHUAN DASAR UNTUK MEMBUAT DAN MEMBANGUN SEBUAH BLOG YANG BESAR

PENGETAHUAN DASAR UNTUK MEMBUAT DAN MEMBANGUN SEBUAH BLOG YANG BESAR_kalau seseorang ingin menjadi blogger karena memiliki ilmu seperti: dokter, guru, filsof, ilmuan, dan lain-lain.

1. Traffik Besar berarti KEUNTUNGAN BESAR
ni adalah tahap blogging yang tidak kalah pentingnya. Blog sebagus apapun tidak ada artinya jika tidak ada yang melihat. Pastikan blog anda dilihat dan dikunjungi orang lain agar blog anda populer.  Popularitas blog menentukan apakah produk/jasa yang anda tawarkan akan dibeli pengunjung atau tidak. Anda bisa memanfaatkan sejumlah teknik promosi web yang ada, misalnya social media, SEO, web forum, dan lain-lain.

Dengan banyaknya pengunjung dan pagerank, seorang blogger menjadi lebih semangat  untuk mengurusi blog miliknya, hal tersebut dikarenakan seorang blogger memiliki kebanggaan dan kepuasan tersendiri dan tidak ingin mengecewakan pengunjungnya jika memiliki pengunjung yang banyak. Atau bagi pencari uang maka peluang mendapatkan uang lebih banyak akan semakin besar.

2. Dibutuhkan Waktu untuk Membangun dan mendapatkan traffik besar
Tahap berikutnya adalah mengisi blog anda dengan tulisan-tulisan yang unik dan menarik. Agar lebih fokus, sebaiknya pilih suatu tema untuk satu blog. Misalnya, blog dengan teman Travel diisi oleh konten-konten yang relevan dengan travelling atau wisata. Sudah pasti, kalo blogger tidak mau menulis dan membaca, bagaimana dia bisa membuat sebuak karya, bagaimana pengetahuannya bisa bertambah?

3. SEO diperlukan Untuk Blogging
Search Engine Optimization bisa dibilang sebagai salah satu hal pokok untuk meraih kesuksesan suatu blog/website karena SEO sebenarnya tidak hanya berbicara tentang traffic, melainkan tentang visibilitas, popularitas, dan nilai penting (value) di mata dunia internet. Semakin populer suatu blog/web, semakin besar kemungkinan pencapaian traffic-nya. Tentunya, peran SEO tidak ada apa-apanya bila tidak didukung oleh kualitas isi/konten blogSEO akan sangat berarti serta sinergis bila didukung konten berkualitas dan original. Google telah menyuarakan kebijakan publiknya tentang originalitas konten dan sikapnya terhadap blog/web yg disinyalir sebagai content thief (cek Google Hukum Pencuri Konten dengan Page Rank). Oleh karena itu, sebelum anda melakukan usaha-usaha SEObangun blog terlebih dahulu; isi dengan konten berkualita. 

Tag Meta Deskripsi

Salah satu fitur keren yang ada di blogger adalah fitur Tag meta. Fitur ini memungkinkan kita memasukan meta deskripsi blog tanpa harus memasukannya secara manual ke dalam template. Fitur ini sebenarnya sudah ada di blogger sejak awal tahun 2012 yang lalu, tapi mungkin masih banyak yang tidak tahu atau belum menggunakannya.
Untuk mengaktifkan fitur ini sangatlah mudah, sobat cukup masuk ke Dashboard > Setelan > Preferensi penelusuran. Setelah itu fokus pada bagian Tag meta dan klik “Edit“. Setelah itu muncul pertanyaan “Aktifkan deskripsi penelususran?” pilih Ya
4. Mengerti Perbedaan Antara Blog dan Website
Blog atau weblog dan website merupakan media yang dapat kita gunakan untuk membagikan konten berupa teks, gambar, video, dan audio kepada banyak orang. Pengguna blog dan website selalu bertambah seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Salah satu penyebabnya adalah kebutuhan kita terhadap blog dan website yang selalu meningkat serta kemudahan untuk membuat dan menggunakannya. Meskipun sepintas keduanya sama, tetapi pada dasarnya blog dan website merupakan dua media yang berbedan.

5. Menggunakan Iklan akan Membantu Anda dalam Lalu Lintas besar-besaran
tapi ada benernya juga, blogger itu penyabar dan kuat, ketika ada cobaan melanda dia tak gentar, dicaci maki dicaci maki oleh para pengunjung, dia tak gentar. Rela meminta maaf dan terus maju (hidup Blogger)
6. Untuk sebagai catatan harian atau hobi

Seorang blogger juga sering memasukan pengalaman pribadi mereka untuk diposting di blog. Pengalaman yang dimasukan mengacu kepada pengalaman yang berbeda dan terbilang aneh atau ekstrim.
Tips Cara Membangun Website/Blog Agar Sukses

1. Modal Komputer atau Laptop

Blog adalah situs yang dimuat untuk membuat postingan tulisan dan konten multimedia. Sudah barang tentu blog harus diakses menggunakan perangkat komputer baik jenis PC maupun laptop. Memang situs blog bisa diakses menggunakan tablet maupun perangkat mobile yang kecil, namun sepertinya kurang begitu lelusa.
Seorang blogger wajib memiliki komputer atau laptop sendiri. Alasannya sangat jelas, yakni agar bisa mengelola blog miliknya setiap saat maupun sekedar memantau setiap harinya. Sungguh janggal bila Anda seorang blogger namun masih menggunakan komputer umum. Kabar baiknya, sebagai blogger Anda tidak memerlukan sebuah komputer dengan spesifikasi tinggi, berbeda dengan gamer yang membutuhkan komputer lebih “canggih”.

2. Modal Pengetahuan

Menjadi blogger berarti Anda seperti sedang berada dibangku sekolah lagi. Anda harus kembali lagi belajar, mempelajari hal-hal baru. Sebagai contoh Anda harus mempelajari berbagai fitur yang dimiliki penyedia situs blog terkait. Blog memang bisa di modifikasi sedemikian rupa agar menarik, bisa dengan tambahan header (banner), background, mengatur layout, desain antar muka, mengubah tampilan dengan bahasa pemrograman seperti CSS maupun HTML dan sebagainya.
Dijaman ini tidak perlu bingung mencari pengetahuan seperti demikian karena ada banyak tutorial-tutorial yang ditulis para blogger lain. Yang penting Anda harus mencari tahu dan mengerjakannya. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memiliki pengetahuan bagaimana cara agar blog yang dikelola mendatangkan keuntungan. Sebagai contoh Anda harus mengetahui bagaimana cara mendaftarkan blog pada Adsense, kemudian mengerti proses memperoleh keuntungan dan cara pencairan uang yang dihasilkan dari Adsense.

3. Modal Ketrampilan

Selain harus memiliki pengetahuan, Anda juga harus memiliki ketrampilan untuk menjadi blogger professional. Salah satu ketrampilan yang penting adalah ketrampilan menulis karena penting untuk mengisi blog Anda. Pastikan penulisan tidak dilakukan sembarangan karena blog yang menarik tentu berisi berbagai artikel yang menarik dan memiliki bahasa yang tertata baik.
Selain itu pula, sebaiknya artikel dalam blog kalian berisi tulisan yang bermanfaat seperti bertema teknologi, politik, sosial, budaya, olahraga, pengetahuan umum, hobi, tutorial,  bisnis dan sebagainya. Blog yang berisi konten SARA apalagi pornografi dipastikan tidak menarik serta hanya akan mendapat cemooh dan kritikan saja.  Ketrampilan ini bisa dipelajari sembari Anda berjalan mengelola blog.

4. Modal Tanggung Jawab dan Disiplin


Bukan hanya calon anggota militer saja yang harus memiliki rasa tanggung jawab dan kedisiplinan. Seorang blogger juga harus memiliki kedua sikap tersebut. Tanggung jawab diperlukan, sebagai contoh adalah mempertanggung jawabkan seluruh artikel dan tulisan yang ada pada blog Anda. Karena banyak blogger yang memposting artikel informasi tidak jelas dan berisi kebohongan saja.

0 komentar :

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Topik, Jangan Menggunakan Kata-Kata Kasar, Komentar Dengan Link Aktif Tidak Akan Dipublikasikan

ttd

Admin Blog