Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus

MATA PELAJARAN        : MATEMATIKA
MATERI POKOK             : ALJABAR
WAKTU                            : 40 JAM
TAHUN PELAJARAN     : 2010 / 2011
Standar Kompetensi :
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
KOMPETENSI DASAR
SUB-MATERI
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU
PENILAIAN
SUMBER/BAHAN
1. Melakukan   Operasi Aljabar 1.a Pengertian Suku dan Suku Sejenis
1.b Operasi Hitung Pada Bentuk Aljabar
1. Menjelaskan pengertian suku tunggal, suku banyak dan suku-suku sejenis   3 / RPP – 01



2 / RPP – 02
  • Tes tertulis
  • Essay
  • Kuis
Sumber:
  • Adinawan, M. Cholik. Sugijono , 2006. Matematika SMP Jilid 2A Kelas VIII, Jakarta.
  • Referensi lain
2. Menyelesaikan operasi    tambah, kurang pada bentuk aljabar
3. Menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
2. Menguraikan  Bentuk Aljabar ke Dalam Faktor-Faktornya 2.a Faktorisasi Bentuk Aljabar
2.b Operasi Pecahan Bentuk Aljabar
4. Memfaktorkan suku bentuk aljabar  sampai dengan suku tiga   3 / RPP – 03


2 / RPP – 04


3 / RPP – 05
  • Tes tertulis
  • Essay
  • Kuis
Sumber:
  • Adinawan, M. Cholik. Sugijono , 2006. Matematika SMP Jilid 2A Kelas VIII, Jakarta.
  • Referensi lain
5. Menyederhanakan pecahan  pada bentuk aljabar
6.Menyelesaikan operasi    tambah, kurang pecahan pada bentuk aljabar
7. Menyelesaikan operasi kali, bagi pecahan dan menyederhanakan pecahan bersusun pada bentuk aljabar
3. Memahami Relasi Dan Fungsi







3.a Relasi
3.b Fungsi atau Pemetaan







8. Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi  

2 / RPP – 06




3 / RPP – 07
  • Tes tertulis
  • Essay
  • Kuis







Sumber:
  • Adinawan, M. Cholik. Sugijono , 2006. Matematika SMP Jilid 2A Kelas VIII, Jakarta.
  • Referensi lain





9. Menjelaskan pengertian dari relasi dan fungsi
10. Menyatakan suatu fungsi dengan notasi
11. Menyatakan suatu fungsi ke dalam diagram panah, diagram cartesisus dan himpunan pasangan berurutan
12. Menentukan pemetaan dari dua himpunan
4. Menentukan  Nilai Fungsi 4.a Rumus Fungsi
4.b Nilai Fungsi

4.c  Penerapan Relasi dan Fungsi
13. Menentukan nilai suatu fungsi   2 / RPP – 08

3 / RPP – 09


2 / RPP – 10
  • Tes tertulis
  • Essay
  • Kuis
Sumber:
  • Adinawan, M. Cholik. Sugijono , 2006. Matematika SMP Jilid 2A Kelas VIII, Jakarta.
  • Referensi lain
14. Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan fungsi diketahui
15. Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi
16. Menentukan domain dan kodomain, menyatakan relasi dengan diagram panah dan menentukan jawaban berdasarkan digram panah
5. Membuat Sketsa Grafik Fungsi Aljabar Sederhana Pada Sistem Koordinat Cartesisus 5.a Grafik Fungsi atau Pemetaan
5.b Korespondensi Satu-Satu
17. Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius  3 / RPP – 11

2 / RPP – 12
  • Tes tertulis
  • Essay
  • Kuis
Sumber:
  • Adinawan, M. Cholik. Sugijono , 2006. Matematika SMP Jilid 2A Kelas VIII, Jakarta.
  • Referensi lain
18. Menggambar korespondensi satu-satu
6.  Menentukan Gradien, Persamaan dan Grafik Garis Lurus 6.a Bentuk Persamaan Garis Lurus dan Grafiknya
6.b Gradien atau Kemiringan

6.c Persamaan Garis Lurus

6.d Hubungan Gradien dengan  Persamaan Garis Lurus

6.e Penerapan Persamaan Garis Lurus
19. Mengenal pengertian persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel   3 / RPP – 13


2 / RPP – 14




3 / RPP – 15

2 / RPP – 16
  • Tes tertulis
  • Essay
  • Kuis
Sumber:
  • Adinawan, M. Cholik. Sugijono , 2006. Matematika SMP Jilid 2A Kelas VIII, Jakarta.
  • Referensi lain
20. Menyusun tabel pasangan dan menggambar grafik pada koordinat Cartesius
21. Mengenal pengertian dan menentukan gradiaen persamaan garis lurus  pada berbagai bentuk
22. Menentukan persamaan garis melalui dua titik, melalui sebuah titik dengan gradient tertentu
23. Menentukan titik potong dua garis
24. Menggunakan konsep persamaan garis lurus untuk memecahkan masalah
     
40
   


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP)
Nama Sekolah               :    SMP Negeri 2 Sindang
Mata Pelajaran              :    Matematika
Kelas / Semester           :    VIII / 1 ( Ganjil )
Topik                             :    Aljabar
Sub Topik                     :    Operasi Bentuk Aljabar
Alokasi Waktu              :    2 Jam Pelajaran
A.           Standar Kompetensi     :    1.        Memahami bentuk aljabar, relasi fungsi dan persamaan garis lurus, dan Penggunaannya dalam pemecahan masalah.
B.            Kompetensi Dasar       :    1.3     Melakukan Operasi Aljabar dan menggunakan konsep Aljabar dalam pemecahan masalah
C.            Indikator              :-      1.1.1.   Menyelesaikan  operasi  tambah, kurang pada bentuk aljabar
                                                    1.1.2.   Menyelesaikan operasi perkalian, pembagian dan perpangkatan pada bentuk aljabar
D.           Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1.   Mengartikan  koefisien,  variabel, suku satu, suku dua dan suku tiga, dalam variable yang sama atau berbeda
2.      Menyelesaikan operasi tambah,  kurang, kali  dan  pangkat dari suku satu, suku dua.
3.      Menyelesaikan operasi perkalian dan pembagian dengan suku sejenis atau tidak sejenis
E.            Materi
-                 Mengingat kembali pengertian bentuk aljabar, suku, suku sejenis, suku tidak sejenis, variable, koeffisien, konstanta, suku tunggal (monomial), suku dua (binomial), suku tiga (trinomial) dan suku banyak (polynomial).
-                 Pada bentuk aljabar, suku-suku sejenis memiliki variable-variabel yang sama dengan pangkat (eksponen) dari masing-masing variable juga sama.
-                 Menyederhanakan bentuk aljabar dengan melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang dapat dilakukan hanya apabila suku-sukunya sejenis.
 
F.             Pendekatan / Strategi / Metode Pembelajaran
1.             Pendekatan          : Scientific
2.             Metode                 : Diskusi
3.             Modul                  : Discovery dan Kooperatif
G.           Media / Alatdan Sumber Pembelajaran
1.             Media / alat
-                Laptop, Infokus
2.             Sumber Pembelajaran
a.             Buku Matematika SMP kelasVIII
b.             LKS
H.           Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Langkah- langkah model discovery
Deskripsi Kegiatan
Lokasi
Waktu
Pendahuluan
Menciptakan situasi (stimulasi)
Pemusatan Perhatian :
·      Guru meminta siswa untuk mengamati bentuk-bentuk aljabar
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dibahas dan hubungannya dengan kehidupan sehari- hari.
KegiatanInti
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data dananalisis
Verifikasi
Generalisasi
·         Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu diskusi kelompok tentang Operasi Bentuk Aljabar khususnya penjumlahan dan pengurangan
·         Membagi siswa menjadi beberapa kelompok
·      Siswa melakukan diskusi kelompok untuk mengamati beberapa bentuk aljabar dan menyelidiki mana suku-suku sejenis dan yang tidak sejenis
·      Siswa melakukan pengamatan pada beberapa bentuk aljabar dan berdiskusi menentukan  koefisien, variable, suku sejenis dan bukan suku sejenis serta banyaknya suku,
·      Siswa berdiskusi menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan suku-suku aljabar dalam bentuk aljabar
·      Siswa mempresentasikan hasil diskusi kerja kelompok
·      Membahas hasil diskusi secara bersama-sama.
Penutup
·         Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang kinerjanya baik
·         Siswa menjawab kuis tentang operasi aljabar khususnya penjumlahan dan pengurangan (menyederhanakan bentuk aljabar)
·         Membuat kesimpulan bersama – sama.
·         Guru memberi tugas / soal untuk dikerjakan dirumah
I.              Penilaian
1.             Metode dan bentuk instrument
Metode
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
TesTertulis
TesUraian
2.             Contoh Instrumen
a.             LembarPengamatanSikap
NO
NAMA PESERTA DIDIK
ASPEK YANG DINILAI
NILAI
Rasa
ingin
tahu
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar
1.
2.
3.
4.
5.
6.
B.      Rubrik penilaian sikap
No.
Aspek
Rubrik
1.
Menunjukan rasa ingin tahu
1.    menunjukan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok.
2.    menunjukan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
3.    tidak menunjukan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun sudah didorong untuk terlibat.
2.
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.
1.    tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang dilakukan, berupaya tepat waktu berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukan upaya terbaiknya.
2.    Tidak berupaya sungguh – sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai.
3.
Berkomuniksi
1.    aktif dalam tanyajawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2.    aktif dalam Tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapatsiswa lain.
3.    Aktif dalam tanyajawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide,kurang menghargai pendapat siswa lain.
J.       Instrumen soal pengetahuan
Soal uraian
 Tentukan variable, koefisien, konstanta dan banyaknya suku pada bentuk-bentuk aljabar berikut
Bentuk Aljabar
koefisien
variabel
konstanta
Banyaknya suku
      a.      5a
      b.      2a+ 6
      c.       7xy- y -8
      d.      5x-3y+1
      e.       12c
                                                                                            

0 komentar :

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Topik, Jangan Menggunakan Kata-Kata Kasar, Komentar Dengan Link Aktif Tidak Akan Dipublikasikan

ttd

Admin Blog