tehnik indeks google halaman pertama web
tehnik indeks google halaman pertama web_Optimisasi mesin pencari (Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
SEJARAH
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yangrelevan dan berkualitas.
Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.
Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.
MESIN PENCARI DAN WEBMASTER
Sejak tahun 1997 perusahaan mesin pencari menyadari bahwa beberapa [webmaster] (pengelola website) melakukan segala hal untuk dapat terindeks pada urutan teratas hasil pencarian, termasuk dengan cara-cara yang manipulatif dan ilegal. Infoseek, salah satu mesin pencari generasi pertama, melakukan perbaikan pada algortima mereka untuk mencegah manipulasi dengan "meta tag" yang tidak relevan.
Bagaimanapun, dalam beberapa hal mesin pencari juga menyadari nilai ekonomi yang besar dari peringkat hasil pencarian, dan mereka kadang-kadang memiliki kepentingan terselubung dari aktivitas perusahaan SEO. Beberapa perusahaan mesin pencari mengirim perwakilan atau menjadi tamu pada event-event rutin yang diselenggarakan komunitas SEO.
Mesin pencari besar seperti Google dan Yahoo! menyediakan program dan panduan yang memungkinkan webmaster mengoptimalkan situsnya agar terindeks dengan baik. Google menyediakan aplikasi Webmaster Tool (anda harus mempunyai akun di Google guna melihat tool ini) dan memperkenalkan sitemap berbasis XML standar mereka, sedangkan Yahoo! menyediakan program Site Explorer (juga harus login dengan akun pengguna Yahoo! anda) yang memungkinkan webmaster mendaftarkan URL situs, mengecek jumlah halaman web mereka yang telah terindeks di data-base Yahoo!, dan melihat informasi link masuk. Namun demikian mesin pencari tidak mentolerir metode SEO yang manipulatif dan menghalalkan segala cara.
STRATEGI SEO DAN PASARANNYA
Bisnis dan layanan SEO berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan web, yang menyebabkan sebuah situs harus berusaha lebih keras agar alamatnya lebih mudah ditemukan pengunjung di antara jutaan alamat situs lain dari seluruh dunia yang menjadi kompetitornya. Mesin pencari merupakan pintu masuk utama, karena pengguna internet tidak lagi sanggup menghafalkan jutaan situs web, dan sebagai gantinya mereka mengandalkan hasil pencarian dari Google, Yahoo!, Bing, dan mesin pencari lain.
Berada pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian untuk subyek tertentu memberikan keuntungan ganda bagi perusahaan pemasaran via internet:
Peluang calon pelanggan mengunjungi situs web mereka menjadi lebih besar. Hal tersebut dapat berlanjut pada meningkatnya tingkat konversi dari pengunjung biasa menjadi pembeli.
Berada pada peringkat pertama hasil pencarian memberikan citra dan reputasi yang baik bagi sebuah situs di mata pengunjung.
Mesin pencari pada umumnya tidak mencari keuntungan secara langsung dari hasil pencarian organik. Pendapatan usaha mereka diperoleh dari iklan yang ditampilkan pada bagian atas atau samping hasil pencarian organik tersebut. Perusahaan yang kurang berhasil menerapkan strategi SEO sehingga alamat situsnya tidak berada pada posisi teratas dalam hasil pencarian organik masih dapat memperoleh pengunjung dengan beriklan pada mesin pencari tersebut.
SEO / Belajar seo adalah cara-cara untuk membuat halaman web anda dapat di-index oleh Search Engine (SE) dan mendapatkan PageRank atau ranking halaman yang tinggi sehingga dapat tampil dihalaman awal SE tersebut ketika sebuah kata kunci (keyword) dimasukkan. Dengan kata lain, Belajar SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah seni dan metode untuk membuat halaman website anda “menarik” bagi search engine seperti Googledan Yahoo.
Sebagai contoh silahkan anda membuka sebuah search engine paling top saat ini di google lalu ketikkan keyword “Belajar seo” di kotak pencarian. tanpa tanda petik. Nah… hasil pencarian yang keluar adalah halaman website yang telah di-index oleh google, dan dimasukkan ke dalam database mereka.
Hasil pencarian yang muncul di halaman pertama, terutama di halaman pertama posisi 5 teratas, adalah halaman web yang dinilai oleh Google sebagai halaman website yang memiliki pagerank paling tinggi. Halaman ini juga disebut sebagai hot zone.
Sampai saat ini tidak ada orang yang tahu secara pasti apakah kriteria Google dalam menilai ranking sebuah halaman karena hal ini dirahasiakan oleh mereka, dan kriteria tersebut tampaknya selalu berubah mengikuti situasi dan kondisi yang terjadi di dunia Internet marketing.
Semua usaha untuk optimizing sebuah halaman web dilakukan berdasarkan kriteria yang pernah diterapkan oleh search engine dan dengan cara mengamati dinamika yang terjadi di dunia Internet marketing
Praktek untuk optimasi website dimulai pada pertengahan tahun 90an oleh para webmaster (pengelola website). Pada saat itu langkah yang dilakukan oleh para webmaster adalah mengirimkan atau mensubmit alamat web (URL) mereka ke Search Engine, dan kemudian SE akan mengirimkan web crawler atau spider mereka ke website tsb, menelusuri halaman demi halaman lalu mendownload halaman tersebut untuk diindex dan disimpan ke database mereka. Selanjutnya program pengindex akan mencari informasi dalam website tersebut, untuk menentukan pagerank sesuai dengan standar masing-masing search engine.
Seiring dengan meningkatnya kompetisi di dunia bisnis online, para webmaster mulai mencari cara untuk mengakali sistem dari search engine demi memenangkan persaingan memperebutkan posisi teratas di SERP (search engine result page).
Hal ini juga memaksa search engine untuk selalu memperbaiki sistem mereka dari waktu ke waktu. Search engine merancang sistem index mereka dengan dasar beberapa faktor, antara lain:
Nama domain
Judul
Html Tags
Kata kunci yang digunakan
Nama file image (alt attribute)
Frekwensi update website
Sitemap
Kepadatan kata kuci
Dll
Selain itu link dari web lain yang menuju website bersangkutan (inbound links) juga menjadi pertimbangan yang penting.
Untuk membuat website kita dapat segera di index oleh search engine, kita dapat melakukan langkah-langkah seperti berikut:
Mensubmit alamat web kita ke Google
Aktif di forum yang sesuai denga tema website kita (misal topik tentang belajar seo, belajar internet marketing dll), lalu membuat signature yang menunjuk ke alamat website kita. Hal ini juga berlaku untuk membuat comment di blog-blog milik orang lain dengan menyertakan alamat website di comment anda.
Membuat blog di blogger atau blogspot yang sesuai dengan tema website kita, lalu membuat link yang menuju website kita – blogger.com adalah salah satu jaringan blog kesayangan google, sebuah blog baru disana dalam beberapa hari sudah diindex oleh google sehingga dengan meletakkan link kita disana crawler milik Google dapat segera mengikuti dan menemukan website kita.
Membuat bbrp artikel pendek yang kemudian kita submit ke artcle directory, biasanya article directory menyediakan fasilitas biodata pengarang dan memperbolehkan pengarang meletakkan alamat websitenya disana, satu lagi link mengarah ke website kita.
Selalu mengupdate website kita, minimal seminggu 2 kali, Google spider sangat menyukai website yang dinamis sehingga mereka akan sering berkunjung ke web anda.
Mengajak pemilik website lain dengan tema yang sama untuk saling bertukar link/banner.
Dalam Belajar SEO banyak sekali hal yang harus diperhatikan sehingga sulit untuk membuat sebuah web yang langsung sempurna SEO-nya, dengan kata lain optimasi sebuah website dilakukan secara gradual dan terus menerus berubah. Langkah-langkah diatas adalah langkah minimal yang bisa kita lakukan sembari kita terus belajar dan menambahkan optimasi secara perlahan sampai website kita benar-benar “optimized”
sumber: caksub.com- marketing-watch.com/blog
update 20 nov 2009
Berikut cara lainnya, untuk mempromosikan blog anda. Social bookmarking kombes.com bisa anda akses di :http://bookmarking.kombes.com. Social bookmarking, sarana cepat untuk mempromosikan tulisan/berita anda. Kombes.Com Merupakan Social Networking Blogger Indonesia yang dilengkapi dengan dengan Social Bookmarking untuk mempromosikan tulisan anda.
Adalah harapan para blogger dan webmaster bahwa blog nya bisa muncul di Google. Dengan begitu maka berpotensi mendatangkan pengunjung organik dari searh engine. Terlebih lagi jika anda pelaku bisnis online, tentu apabila blog nya bisa menduduki halaman pertama Google, besar kemungkinan blog anda akan ramai pengunjung dan pada akhirnya bisa meningkatkan penghasilan anda.
Biasanya blog yang baru di buat atau baru di bangun itu sulit banget bisa tampil di Google. Hal itu dikarenakan robot Google belum mengindeks ke situs anda. Selain itu, blog/website yang jarang update juga akan sulit ditemukan di Google kalau kualitas blog nya kurang bagus dalam segi SEO-nya. Bagi anda yang blog nya belum atau tidak muncul di Search Engine Result Page (SERP) Google, tidak perlu berkecil hati atau galau. Anda masih punya banyak waktu untuk mengatasinya. Caranya bagaimana? Berikut saya jelaskan tips Cara Agar Blog / Website Muncul di Google.
1. Submit Url Blog Anda di Google
Silahkan beritahu Google bahwa anda punya blog/website baru agar Google bisa segera mengindeks nya. Yakni dengan cara kunjungi url ini www.google.com/addurl/ dan kemudianmasukkan alamat url blog/web anda. Setelah itu klik submit. Jangan lupa sebelum mengunjungi halaman tersebut, anda harus log in dulu dengan menggunakan Account Google.
2. Daftarkan Blog/Web Anda di Google Webmaster Tools
Langkah kedua yang perlu anda lakukan adalah mendaftarakan blog anda di Google Webmaster Tools. Hal ini dilakukan untuk memberi tahu Google bahwa anda punya blog baru. Dan Google bisa segera mengindeks blog anda di halaman hasil penelusuran nya. Apabila anda belum melakukan hal ini, silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools.
3. Kirim Sitemap/Peta Situs di Google Webmaster Tools
Langkah selanjutnya adalah mengirim sitemap di Google Webmaster. Tujuan melakukan hal ini adalah agar halaman posting blog anda bisa terindeks di Google secara keseluruhan. Tentu saja ini sangat menguntungkan, karena artikel yang dibuat dengan susah payah bisa muncul semuanya di Google Search. Sehingga berpotensi mendatngkan ribuan visitor ke situs anda. Belum kirim peta situs? Baca selengkapnya tentang Cara Mengirim Sitemap / Peta Situs di Google Webmaster Tools.
4. Rutin Update Blog
Blog yang selalu di update tiap hari secara rutin, tentu lebih di sukai oleh Google, dibandingkan dengan blog yang jarang update. Hal itu dikarenakan Google dalam halaman hasil penelusurannya cenderung menampilkan posting-posting terbaru dari berbagai website dan blog.
5. Buat Artikel / Posting Original
Selain rajin update blog, yang tak kalah penting adalah konten artikel yang original, bukan artikel hasil copas yang diterbitkan di blog/website anda. Google juga cenderung lebih cinta dengan konten asli di bandingkan konten hasil copas. Anda tau sendiri kan apabila orang sudah terlanjur jatuh cinta, pasti akan ditempatkan pada urutan pertama yang dicintainya. Begitu juga dengan Google hehe
6. Submit Posting Terbaru di Social Bookmark
Situs social bookmark bisa membantu blog anda untuk ditemukan di Google. Pasalnya, mereka (situs social bookmark) mempunyai trafik dan pagerank tinggi daripada blog anda. Selain itu, situs-situs tersebut bisa meningkatkan trafik ke blog anda dan blog anda juga akan mendapatkan backlink gratis dan berkualitas dari situs tersebut. Ada banyak sekali situs social bookmark di internet, misalnya seperti Lintas.me, Infogue.com, dan masih banyak lagi.
7. Lakukan Ping pada Posting Terbaru
Tujuan melakukan ping adalah untuk mempercepat proses indeks yang dilakukan oleh search engine terhadap posting terbaru di blog anda. Bahkan dalam hitungan detik sudah bisa muncul di Google. Luar biasa bukan? kalau posting terbaru langsung bisa tampil di Google, maka berpotensi mendatangkan banyak visitor ke blog anda. Situs ping yang terkenal adalah totalping.com, googleping.com, dan masih banyak lagi.
8. Blogwalking
Apabila anda punya banyak waktu, tidak ada salahnya untuk melakukan blogwalking. What is blogwalking? Adalah aktivitas saling berkunjung dan berkomentar antar sesama blogger. Komentar yang diberikan oleh pengunjung bisa menyumbang keyword di search engine. Oleh karena itu, setelah anda menerbitkan posting terbaru di blog kesayangan anda, silahkan lakukan blogwalking ke blog-blog teman anda.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
SEJARAH
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yangrelevan dan berkualitas.
Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.
Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.
MESIN PENCARI DAN WEBMASTER
Sejak tahun 1997 perusahaan mesin pencari menyadari bahwa beberapa [webmaster] (pengelola website) melakukan segala hal untuk dapat terindeks pada urutan teratas hasil pencarian, termasuk dengan cara-cara yang manipulatif dan ilegal. Infoseek, salah satu mesin pencari generasi pertama, melakukan perbaikan pada algortima mereka untuk mencegah manipulasi dengan "meta tag" yang tidak relevan.
Bagaimanapun, dalam beberapa hal mesin pencari juga menyadari nilai ekonomi yang besar dari peringkat hasil pencarian, dan mereka kadang-kadang memiliki kepentingan terselubung dari aktivitas perusahaan SEO. Beberapa perusahaan mesin pencari mengirim perwakilan atau menjadi tamu pada event-event rutin yang diselenggarakan komunitas SEO.
Mesin pencari besar seperti Google dan Yahoo! menyediakan program dan panduan yang memungkinkan webmaster mengoptimalkan situsnya agar terindeks dengan baik. Google menyediakan aplikasi Webmaster Tool (anda harus mempunyai akun di Google guna melihat tool ini) dan memperkenalkan sitemap berbasis XML standar mereka, sedangkan Yahoo! menyediakan program Site Explorer (juga harus login dengan akun pengguna Yahoo! anda) yang memungkinkan webmaster mendaftarkan URL situs, mengecek jumlah halaman web mereka yang telah terindeks di data-base Yahoo!, dan melihat informasi link masuk. Namun demikian mesin pencari tidak mentolerir metode SEO yang manipulatif dan menghalalkan segala cara.
STRATEGI SEO DAN PASARANNYA
Bisnis dan layanan SEO berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan web, yang menyebabkan sebuah situs harus berusaha lebih keras agar alamatnya lebih mudah ditemukan pengunjung di antara jutaan alamat situs lain dari seluruh dunia yang menjadi kompetitornya. Mesin pencari merupakan pintu masuk utama, karena pengguna internet tidak lagi sanggup menghafalkan jutaan situs web, dan sebagai gantinya mereka mengandalkan hasil pencarian dari Google, Yahoo!, Bing, dan mesin pencari lain.
Berada pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian untuk subyek tertentu memberikan keuntungan ganda bagi perusahaan pemasaran via internet:
Peluang calon pelanggan mengunjungi situs web mereka menjadi lebih besar. Hal tersebut dapat berlanjut pada meningkatnya tingkat konversi dari pengunjung biasa menjadi pembeli.
Berada pada peringkat pertama hasil pencarian memberikan citra dan reputasi yang baik bagi sebuah situs di mata pengunjung.
Mesin pencari pada umumnya tidak mencari keuntungan secara langsung dari hasil pencarian organik. Pendapatan usaha mereka diperoleh dari iklan yang ditampilkan pada bagian atas atau samping hasil pencarian organik tersebut. Perusahaan yang kurang berhasil menerapkan strategi SEO sehingga alamat situsnya tidak berada pada posisi teratas dalam hasil pencarian organik masih dapat memperoleh pengunjung dengan beriklan pada mesin pencari tersebut.
SEO / Belajar seo adalah cara-cara untuk membuat halaman web anda dapat di-index oleh Search Engine (SE) dan mendapatkan PageRank atau ranking halaman yang tinggi sehingga dapat tampil dihalaman awal SE tersebut ketika sebuah kata kunci (keyword) dimasukkan. Dengan kata lain, Belajar SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah seni dan metode untuk membuat halaman website anda “menarik” bagi search engine seperti Googledan Yahoo.
Sebagai contoh silahkan anda membuka sebuah search engine paling top saat ini di google lalu ketikkan keyword “Belajar seo” di kotak pencarian. tanpa tanda petik. Nah… hasil pencarian yang keluar adalah halaman website yang telah di-index oleh google, dan dimasukkan ke dalam database mereka.
Hasil pencarian yang muncul di halaman pertama, terutama di halaman pertama posisi 5 teratas, adalah halaman web yang dinilai oleh Google sebagai halaman website yang memiliki pagerank paling tinggi. Halaman ini juga disebut sebagai hot zone.
Sampai saat ini tidak ada orang yang tahu secara pasti apakah kriteria Google dalam menilai ranking sebuah halaman karena hal ini dirahasiakan oleh mereka, dan kriteria tersebut tampaknya selalu berubah mengikuti situasi dan kondisi yang terjadi di dunia Internet marketing.
Semua usaha untuk optimizing sebuah halaman web dilakukan berdasarkan kriteria yang pernah diterapkan oleh search engine dan dengan cara mengamati dinamika yang terjadi di dunia Internet marketing
Praktek untuk optimasi website dimulai pada pertengahan tahun 90an oleh para webmaster (pengelola website). Pada saat itu langkah yang dilakukan oleh para webmaster adalah mengirimkan atau mensubmit alamat web (URL) mereka ke Search Engine, dan kemudian SE akan mengirimkan web crawler atau spider mereka ke website tsb, menelusuri halaman demi halaman lalu mendownload halaman tersebut untuk diindex dan disimpan ke database mereka. Selanjutnya program pengindex akan mencari informasi dalam website tersebut, untuk menentukan pagerank sesuai dengan standar masing-masing search engine.
Seiring dengan meningkatnya kompetisi di dunia bisnis online, para webmaster mulai mencari cara untuk mengakali sistem dari search engine demi memenangkan persaingan memperebutkan posisi teratas di SERP (search engine result page).
Hal ini juga memaksa search engine untuk selalu memperbaiki sistem mereka dari waktu ke waktu. Search engine merancang sistem index mereka dengan dasar beberapa faktor, antara lain:
Nama domain
Judul
Html Tags
Kata kunci yang digunakan
Nama file image (alt attribute)
Frekwensi update website
Sitemap
Kepadatan kata kuci
Dll
Selain itu link dari web lain yang menuju website bersangkutan (inbound links) juga menjadi pertimbangan yang penting.
Untuk membuat website kita dapat segera di index oleh search engine, kita dapat melakukan langkah-langkah seperti berikut:
Mensubmit alamat web kita ke Google
Aktif di forum yang sesuai denga tema website kita (misal topik tentang belajar seo, belajar internet marketing dll), lalu membuat signature yang menunjuk ke alamat website kita. Hal ini juga berlaku untuk membuat comment di blog-blog milik orang lain dengan menyertakan alamat website di comment anda.
Membuat blog di blogger atau blogspot yang sesuai dengan tema website kita, lalu membuat link yang menuju website kita – blogger.com adalah salah satu jaringan blog kesayangan google, sebuah blog baru disana dalam beberapa hari sudah diindex oleh google sehingga dengan meletakkan link kita disana crawler milik Google dapat segera mengikuti dan menemukan website kita.
Membuat bbrp artikel pendek yang kemudian kita submit ke artcle directory, biasanya article directory menyediakan fasilitas biodata pengarang dan memperbolehkan pengarang meletakkan alamat websitenya disana, satu lagi link mengarah ke website kita.
Selalu mengupdate website kita, minimal seminggu 2 kali, Google spider sangat menyukai website yang dinamis sehingga mereka akan sering berkunjung ke web anda.
Mengajak pemilik website lain dengan tema yang sama untuk saling bertukar link/banner.
Dalam Belajar SEO banyak sekali hal yang harus diperhatikan sehingga sulit untuk membuat sebuah web yang langsung sempurna SEO-nya, dengan kata lain optimasi sebuah website dilakukan secara gradual dan terus menerus berubah. Langkah-langkah diatas adalah langkah minimal yang bisa kita lakukan sembari kita terus belajar dan menambahkan optimasi secara perlahan sampai website kita benar-benar “optimized”
sumber: caksub.com- marketing-watch.com/blog
update 20 nov 2009
Berikut cara lainnya, untuk mempromosikan blog anda. Social bookmarking kombes.com bisa anda akses di :http://bookmarking.kombes.com. Social bookmarking, sarana cepat untuk mempromosikan tulisan/berita anda. Kombes.Com Merupakan Social Networking Blogger Indonesia yang dilengkapi dengan dengan Social Bookmarking untuk mempromosikan tulisan anda.
Adalah harapan para blogger dan webmaster bahwa blog nya bisa muncul di Google. Dengan begitu maka berpotensi mendatangkan pengunjung organik dari searh engine. Terlebih lagi jika anda pelaku bisnis online, tentu apabila blog nya bisa menduduki halaman pertama Google, besar kemungkinan blog anda akan ramai pengunjung dan pada akhirnya bisa meningkatkan penghasilan anda.
Biasanya blog yang baru di buat atau baru di bangun itu sulit banget bisa tampil di Google. Hal itu dikarenakan robot Google belum mengindeks ke situs anda. Selain itu, blog/website yang jarang update juga akan sulit ditemukan di Google kalau kualitas blog nya kurang bagus dalam segi SEO-nya. Bagi anda yang blog nya belum atau tidak muncul di Search Engine Result Page (SERP) Google, tidak perlu berkecil hati atau galau. Anda masih punya banyak waktu untuk mengatasinya. Caranya bagaimana? Berikut saya jelaskan tips Cara Agar Blog / Website Muncul di Google.
1. Submit Url Blog Anda di Google
Silahkan beritahu Google bahwa anda punya blog/website baru agar Google bisa segera mengindeks nya. Yakni dengan cara kunjungi url ini www.google.com/addurl/ dan kemudianmasukkan alamat url blog/web anda. Setelah itu klik submit. Jangan lupa sebelum mengunjungi halaman tersebut, anda harus log in dulu dengan menggunakan Account Google.
2. Daftarkan Blog/Web Anda di Google Webmaster Tools
Langkah kedua yang perlu anda lakukan adalah mendaftarakan blog anda di Google Webmaster Tools. Hal ini dilakukan untuk memberi tahu Google bahwa anda punya blog baru. Dan Google bisa segera mengindeks blog anda di halaman hasil penelusuran nya. Apabila anda belum melakukan hal ini, silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools.
3. Kirim Sitemap/Peta Situs di Google Webmaster Tools
Langkah selanjutnya adalah mengirim sitemap di Google Webmaster. Tujuan melakukan hal ini adalah agar halaman posting blog anda bisa terindeks di Google secara keseluruhan. Tentu saja ini sangat menguntungkan, karena artikel yang dibuat dengan susah payah bisa muncul semuanya di Google Search. Sehingga berpotensi mendatngkan ribuan visitor ke situs anda. Belum kirim peta situs? Baca selengkapnya tentang Cara Mengirim Sitemap / Peta Situs di Google Webmaster Tools.
4. Rutin Update Blog
Blog yang selalu di update tiap hari secara rutin, tentu lebih di sukai oleh Google, dibandingkan dengan blog yang jarang update. Hal itu dikarenakan Google dalam halaman hasil penelusurannya cenderung menampilkan posting-posting terbaru dari berbagai website dan blog.
5. Buat Artikel / Posting Original
Selain rajin update blog, yang tak kalah penting adalah konten artikel yang original, bukan artikel hasil copas yang diterbitkan di blog/website anda. Google juga cenderung lebih cinta dengan konten asli di bandingkan konten hasil copas. Anda tau sendiri kan apabila orang sudah terlanjur jatuh cinta, pasti akan ditempatkan pada urutan pertama yang dicintainya. Begitu juga dengan Google hehe
6. Submit Posting Terbaru di Social Bookmark
Situs social bookmark bisa membantu blog anda untuk ditemukan di Google. Pasalnya, mereka (situs social bookmark) mempunyai trafik dan pagerank tinggi daripada blog anda. Selain itu, situs-situs tersebut bisa meningkatkan trafik ke blog anda dan blog anda juga akan mendapatkan backlink gratis dan berkualitas dari situs tersebut. Ada banyak sekali situs social bookmark di internet, misalnya seperti Lintas.me, Infogue.com, dan masih banyak lagi.
7. Lakukan Ping pada Posting Terbaru
Tujuan melakukan ping adalah untuk mempercepat proses indeks yang dilakukan oleh search engine terhadap posting terbaru di blog anda. Bahkan dalam hitungan detik sudah bisa muncul di Google. Luar biasa bukan? kalau posting terbaru langsung bisa tampil di Google, maka berpotensi mendatangkan banyak visitor ke blog anda. Situs ping yang terkenal adalah totalping.com, googleping.com, dan masih banyak lagi.
8. Blogwalking
Apabila anda punya banyak waktu, tidak ada salahnya untuk melakukan blogwalking. What is blogwalking? Adalah aktivitas saling berkunjung dan berkomentar antar sesama blogger. Komentar yang diberikan oleh pengunjung bisa menyumbang keyword di search engine. Oleh karena itu, setelah anda menerbitkan posting terbaru di blog kesayangan anda, silahkan lakukan blogwalking ke blog-blog teman anda.
0 komentar :
Post a Comment
Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Topik, Jangan Menggunakan Kata-Kata Kasar, Komentar Dengan Link Aktif Tidak Akan Dipublikasikan
ttd
Admin Blog