tujuan evaluasi pendidikan pembelajaran

KATA PENGANTAR

            Ucapan syukur penyusun haturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan nikmatnyalah penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
            Makalah ini merupakan salah satu upaya dalam memberikan pemahaman tentang tujuan evaluasi pendidikan yang dapat menyumbangkan bahan bacaan bagi pembaca dan berguna bagi penulis.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih cukup sederhana dan untuk kesempurnaan makalah ini, kritik dan saran akan sangat berharga guna perbaikan makalah ini.
            Terimakasih penulis ucapkan kepada dosen pengasuh mata kuliah, demikian juga teman–teman serta pihak-pihak yang turut membantu dalam penyusunan makalah ini.


Rantauprapat, 3 Mei 2011

                                                                                                            Penulis
 
Tujuan Evaluasi Pendidikan

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Tidak ada satupun guru yang tidak ingin berhasil dalam proses mengajar, tentunya semua guru sangat mengharapkan sekali keberhasilan belajar mengajar itu, guru yang masa bodoh terhadap anak didiknya adalah cermin kurang tanggung jawabnya seorang guru menjabat sebagai profesinya, gurung yang tidak mau tahu dengan perkembangan pendidikan anak didiknya adalah tanda guru yang tidak peduli taerhadap tantangan zaman yang terus merongrong anak didiknya.

Walaupun ada terobosan baru metode belajar yang bagus, seperti yang di pelopori oleh bobby de porter dalam quantum learningnya, tetapi itu saja tidak cukup, metode yang bagus saja tidak cukup tanpa evaluasi, maka evaluasi sangat di butuhkan sekali dalam pendidikan karena evaluasi merupakan proses penilaian.

Penilaian ini bisa menjadi netral, positif atau negatif atau merupakan gabungan dari keduanya. Saat sesuatu dievaluasi biasanya orang yang mengevaluasi mengambil keputusan tentang nilai atau manfaatnya.

Dalam sebuah buku yang berjudul teknik evaluasi pendidikan karya M.chabib thoha, beliau mengatakan bahwa Evaluasi berasal dari kata evaluation yang berarti suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai sesuatu, apakah sesuatu itu mempunyai nilai atau tidak.

Menurut istilah evaluasi berarti kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan instrument dan hasilnya dibandingkan dengan tolak ukur tertentu guna memperoleh kesimpulan. Evaluasi pendidikan dan pengajaran adalah proses kegiatan untuk mendapatkan informasi data mengenai hasil belajar mengajar yang dialami siswa dan mengolah atau menafsirkannya menjadi nilai berupa data kualitatif atau kuantitatif sesuai dengan standar tertentu. Hasilnya diperlukan untuk membuat berbagai putusan dalam bidang pendidikan dan pengajaran, evaluasi pendidikan memegang penting dalam peranan pendidikan karean evalusi adalah suatu proses penilaian, begitu pula dengan tujuan dan fungsi evalusi merupakan sebuah hal yang harus di capai agar dapat mengetahui indicator-indikator pada anak didik serta prinsip-prinsip penilaian anak didik harus secara komprehensif, kontinyu, objektif, validitas, rebilitas dan eduktif.

BAB II
PEMBAHASAN


Tujuan evaluasi pendidikan
Tujuan suatu evaluasi adalah untuk melihat dan mengetahui proses yang terjadi dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran memiliki 3 hal penting yaitu, input, transformasi dan output. Input adalah peserta didik yang telah dinilai kemampuannya dan siap menjalani proses pembelajaran. Transformasi adalah segala unsur yang terkait dengan proses pembelajaran yaitu ; guru, media dan bahan belajar, metode pengajaran, sarana penunjang dan sistem administrasi. Sedangkan output adalah capaian yang dihasilkan dari proses pembelajaran.

Tujuan evaluasi dalam bidang pendidikan dibagi menjadi 2 macam, yaitu :
1. Tujuan umum
a. Untuk menghimpun bahan-bahan keterangan yang akan dijadikan sebagai bukti mengenai taraf perkembangan atau taraf kemajuan yang dialami oleh para peserta didik, setelah mereka mengikuti proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu. Jadi, evaluasi bertujuan untuk memperoleh data pembuktian, yang akan menjadi petunjuk smapai dimana tingkat kemampuan dan tingkat keberhasilan peserta didik dalam pencapaian tujuan-tujuan kurikuler, setelah mereka menempuh proses pembelajaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

b. Untuk mengetahui tingkat efektifitas dari metode-metode pengajaran yang telah dipergunakan dalam proses pembelajaran selama jangka waktu tertentu. Jdi evaluasi bertujuan untuk mengukur dan menilai sampai dimanakah efektifitas mengajar dan metode-metode mengajar yang telah diterapkan atau dilaksanakan oleh pendidik, serta kegiatan belajar yang dilaksanakan oleh peserta didik

2. Tujuan khusus
a. Untuk merangsang kegiatan peserta didik dalam menempuh program pendidikan
b. Untuk mencari dan menemukan faktor-faktor penyebab keberhasilan dan ketidakberhasilan dalam mengikuti program pendidikan, sehingga dapat dicari dan ditemukan jalan keluar atau cara-cara perbaikannya.

Tujuan utama evaluasi pembelajaran adalah sejumlah informasi atau data tentang jasa, nilai atau manfaat kegiatan pembelajaran. Sejumlah informasi atau data yang diperoleh melalui evaluasi pembelajaran inilah yang kemudian difungsikan dan ditujukan untuk pengembangan pembelajaran dan akreditasi.

Evaluasi dalam pembelajaran dilakukan untuk kepentingan pengambilan keputusan, misalnya tentang akan digunakan atau tidaknya suatu pendekatan, metode, atau teknik. Tujuan utama evaluasi adalah :
a. Menyiapkan informasi untuk keperluan pengambilan keputusan dalam   proses pembelajaran.
b.  Mengidentifikasi bagian yang belum dapat terlaksana sesuai dengan tujuan.
c.  Mencari alternatif tindak lanjut, diteruskan, diubah atau dihentikan.

a. Fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran untuk pengembangan
Fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran untuk pengembangan pembelajaran dilaksanakan apabila hasil kegiatan evaluasi pembelajaran diunakan sebagai dasar pengembangan pembelajaran.


b. Fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran untuk akreditasi
Akreditasi dapat diartkan sebagai suatu proses dimana suatu program atau institusi diakui sebagai basan yang sesuai dengan beberapa standar yang telah disetujui. Fungsi dan tujuan evaluasi hasil belajare untuk akreditasi dilaksanakan apabila hasil kegiatan evaluasi pembelajaran digunakan sebagai dasar akreditasi lembaga pendidikan

Tujuan evaluasi dalam proses pembelajaran adalah :
v     Mengetahui apakah materi yang di pelajari dapat dilanjutkan dengan bahan yang baru/diulangi
v     Untuk mengetahui taraf efisiensi metode yang di gunakan oleh pendidik
v     Untuk mengetahui efektifitas proses pembelajaran yang dilaksanakan
v     Untuk mengetahui apakah komponen-komponen dalam proses pembelajaran sudah memberikan kontribusi positif bagi proses pembelajaran.
v     Untuk mengetahui kesesuaian presepsi dan pemikiran peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.
v     Mengetahui sejauh mana perkembangan dari pelaksanaan pembelajaran
v     Mengetahui perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan apa yang terjadi pada peserta belajar
v     Mengetahui sejauh mana ketercapaian tujuan
v     Mengetahui dampak apa yang terjadi dari proses pembelajaran
v     Bahan pertimbangan untuk menentuakan proses selanjutnya agar lebih efektif dan efisien
v     Mengajak kepada semua pihak untuk lebih bertanggungjawab terhadap apa yang telah dilakukannya
v     Menemukan pada bagian-bagian mana dari proses pembelajaran yang dianggap belum berhasil
v     Mengungkapkan kerugian dan manfaat dari proses pembelajaran
v     Mengungkapkan faKtor-faktor pendukung dan penghambat dari proses pembelajaran
v     Menentukan apakah pendekatan dan teknik yang digunakan dalam pembelajaran sudah tepat
v     Menentukan tepat atau tidaknya media yang digunakan sesuai dengan kebutuhan belajar peserta belajar
v     Menentukan apakah fasilitator memberikan kemudahan peserta belajar memahami materi kegiatan pelatihan, pembelajaran.
v     Menentukan tingkat kemajuan pelaksanaan pembelajaran

Jenis Evaluasi Berdasarkan Tujuan
a. Evaluasi Diagnostik
Evaluasi diagnostik adalah evaluasi yang di tujukan untuk menelaah kelemahan-kelemahan siswa beserta faktor-faktor penyebabnya.

b. Evaluasi Selektif
Evaluasi selektif adalah evaluasi yang di gunakan untuk memilih siswa yang paling tepat sesuai dengan kriteria program kegiatan tertentu.
c. Evaluasi Penempatan
Evaluasi penempatan adalah evaluasi yang digunakan untuk menempatkan siswa dalam program pendidikan tertentu yang sesuai dengan karakteristik siswa.
d. Evaluasi Formatif
Evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilaksanakan untuk memperbaiki dan meningkatan proses belajar dan mengajar.

e. Evaluasi sumatif
Evaluasi sumatif adalah evaluasi yang dilakukan untuk menentukan hasil dan kemajuan bekerja siswa.


BAB III
KESIMPULAN

Kesimpulan
Evaluasi pembelajaran adalah suatu kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan instrumen-instrumen yang bertujuan untuk menghimpun informasi yang dijadikan dasar untuk mengetahui taraf kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar siswa, serta keefektifan pengajaran guru serta untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan pembelajaran dan pencapaian hasil pembelajaran oleh setiap peserta didik.

Manfaatnya adalah untuk memperoleh pemahaman pelaksanaan dan hasil pembelajaran yang telah berlangsung/dilaksanakan pengajar, membuat keputusan berkenaan dengan pelaksanaan dan hasil pembelajaran, dan meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran dalam rangka upaya meningkatkan kualitas keluaran, yang dalam pelaksanaannya dapat dilaksanakan beberapa evaluasi dengan didasarkan kepada sebuah tujuan, sasaran, subjek, objek, kegiatan dan hasil pembelajaran.


DAFTAR KEPUSTAKAAN

Sagala,Syaiful.Administrasi Pendidikan Kontemporer. (Bandung: Alfabeta, 2005),h.63
Tim PEKERTI-AA PPSP LPP Universitas Sebelas Maret, Panduan Pengembangan Kurikulum, (Surakarta : Lembaga Pengembangan Pendidikan Univ. 11 Maret, 2007, cet. I), hal. 5
Tafsir Ibnu Katsir dalam Software Maktabah Syamilah, hal. 113, tth.
http://makalahkumakalahmu.wordpress.com diakses tanggal 28 Maret 2010

0 komentar :

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Topik, Jangan Menggunakan Kata-Kata Kasar, Komentar Dengan Link Aktif Tidak Akan Dipublikasikan

ttd

Admin Blog