rencana pelaksanaan pembelajaran, rpp contoh


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             :   Matematika  
Kelas / Semester          :   VIII/1
Jenjang                        :   SMPAlokasi 
Waktu                         :    6 x 40 menit
====================================================================
A.   Standar Kompetensi
       1.   Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus

B.   Kompetensi Dasar
       1.1.   Melakukan operasi bentuk aljabar

C.   Indikator
       1.1.1.   Menyelesaikan  operasi  tambah, kurang pada bentuk aljabar
       1.1.2.   Menyelesaikan operasi  kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar

D.   Materi Ajar
       1.   Faktorisasi suku aljabar

E.   Tujuan Pengajaran
      1.   Siswa  dapat  mengartikan  koefisien,  variabel, suku satu, suku dua dan suku tiga dalam
            variable yang sama atau berbeda
2.      Siswa dapat menyelesaikan operasi tambah,  kurang, kali  dan  pangkat dari suku satu, suku dua.
3.      Siswa dapat menyelesaikan operasi pembagian dengan suku sejenis atau tidak sejenis

F.   Sumber dan Media Pembelajaran
      1.   Buku Sumber 
      2.   Buku Kerja Siswa

G.   Strategi Pembelajaran

       Pertemuan Pertama :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan  ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  dasar  dari  matematika,  banyak sekali huruf- 
                                 huruf yang dipakai sebagai simbul atau variabel.
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai  dengan  baik  oleh  siswa,   maka   akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal.

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Melalui peragaan guru mengingatkan kembali bentuk-bentuk aljabar dengan contoh-
           contoh yang melibatkan koefisien, variable  suku satu, suku dua dan suku tiga dalam
           variable yang sama atau berbeda
      ◦   Beberapa orang siswa mendemonstrasikan di depan kelas  menunjukkan  mana  yang
           Merupakan koefisien,  variabel,  suku  satu,  suku  dua  dan suku tiga dalam variabel 
           yang sama atau berbeda.
      ◦   Melalui peragaan guru mengingatkan kembali dasar dari penjumlahan, perngurangan
                  dan pangkat dari suku satu, suku dua
      ◦   Beberapa  orang  siswa  mendemonstrasikan di depan kelas menunjukkan mana yang
           merupakan koefisien, variabel, suku satu, suku dua
      ◦   Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh guru
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post test


3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

       Pertemuan Ke dua  :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan  ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan   kembali  dasar  dari  perkalian,  kemudian  lawan  dari
                                 perkalian adalah pembagian
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi   ini  dikuasai   dengan  baik  oleh  siswa,  maka  akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Membahas tugas rumah
      ◦   Guru  mengulang  kembali  bentuk-bentuk  aljabar  dengan  koefisien, variable, suku
           satu, suku dua, suku tiga dalam variabel yang sama atau berbeda.
      ◦   Guru menjelaskan bagaimana operasi tambah, pengurangan,  perkalian  dan  pangkat
           dari suku satu, suku dua
      ◦   Beberapa   orang  siswa  mendemonstrasikan di depan  kelas  mengerjakan soal yang
          diberikan oleh guru.
      ◦   Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh guru
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

       Pertemuan Ke tiga  :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan  ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  dasar  dari  perkalian,  kemudian  lawan   dari
                                 perkalian adalah pembagian
      ◦   Motivasi     :   Apabila    materi  ini  dikuasai  dengan  baik  oleh  siswa,  maka   akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Membahas tugas rumah
      ◦   Guru mengulang kembali materi perkalian sebagai dasar materi pembagian
      ◦   Melalui peragaan guru menjelaskan bentuk-bentuk aljabar yang dapat dibagi dengan
           contoh-contoh  yang  melibatkan koefisien,  variabel  suku  satu,  suku dua dan suku 
           tiga dalam variabel yang sama atau berbeda
      ◦   Beberapa  orang  siswa  mendemonstrasikan  di depan  kelas  mengerjakan soal yang
          diberikan oleh guru.
      ◦   Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh guru
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

H.   Penilaian
       1.   Jenis Tagihan
             Pertemuan 1   :   test
             Pertemuan 2   :   test
                   Pertemuan 3  :   test

2.      Teknik
             Pertemuan 1   :   test harian
      Pertemuan 2   :   test harian
             Pertemuan 3   :   test harian

3.      Bentuk Instrumen
             Pertemuan 1   :   Uraian
      Pertemuan 2   :   Uraian
      Pertemuan 3   :   Uraian

4.      Soal / Instrumen
Pertemuan 1 :
Tentukan  mana  yang merupakan koefisien, variabel dan  bilangan  atau konstanta dari soal-soal berikut !
1.      2a                                                
2.      4b + 3                                          
3.      5x – 6                                          
4.      12 + 9p                                        
5.      196 – 8h                                    
6.   4a + 3b + 2
7.   5x2 + 2x - 3
8.      8p3 – 3p2 + 4p
9.      3ab + 4
10.  5pqr – 1

Pertemuan 2 :
1.      Operasi penjumlahan :
a.   Jumlahkan  3a + 2 dengan 2a + 1
b.   Jumlahkan  4x + 3 dengan 5x – 2
c.   Jumlahkan  6p – 7 dengan 9p – 11
d.   Jumlahkan  2ab + 3 dengan 4ab – 9
e.   Jumlahkan 5x2y – 4x dengan 6x + 3x2y

              2.   Operasi pengurangan :
                    a.   Kurangkan 2a + 3 dari 5a + 7
                    b.   Kurangkan 4x + 5 dari 2x – 9
                    c.   Kurangkan 9p – 7 dari x – 3
                    d.   Kurangkan 3ab + 2 dari 9ab + 5
                    e.   Kurangkan 4 + 2xy dari 5xy – 2

              3.   Selesaikan soal-soal berikut  :
                    a.   3a(4a + 2)                             
                    b.   4x2 (x – 5)                            
                    c.   (5p + 2)(3p + 4)
                    d.   (2k2 + 4)(6k3 – 3)     
                    e.   (3x3 + 2) 2



               Pertemuan 3 :
               Sederhanakan soal-soal berikut :
1.      12a : 3                                       
2.      16x3 : 8x                                    
3.      14p2q3 : 7pq
4.    (ab) 6 : (ab) 2
5.    (12x4y3z2) : (3xyz) 2




Kritik dan Saran  Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….







                                                                                                          Jakarta, 13 Juli 2009
                 Mengetahui,
     Kepala SMP                                                                                     Guru Mata Pelajaran



                                                          
   NIP :                                                                         NIP :                                                                







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             :   Matematika
Kelas / Semester          :   VIII/
Jenjang                        :   SMPAlokasi
Waktu                         :    6 x 40 menit
====================================================================
A.   Standar Kompetensi
       1.   Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus

B.   Kompetensi Dasar
       1.2.   Mengurai bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya

C.   Indikator
       1.2.1.   Menentukan faktor suku aljabar.
       1.2.2.   Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
      
D.   Materi Ajar
       1.   Pemfaktoran suku bentuk aljabar
       2.   Menyederhanakan pembagian suku
       3.   Menyederhanakan perpangkatan konstanta dan suku

E.   Tujuan Pengajaran
      1.   Siswa dapat memfaktorkan suku bentuk aljabar
      2.   Siswa dapat menyederhanakan pembagian suku aljabar
      3.   Siswa dapat memangkatkan konstanta dan suku aljabar

F.   Sumber dan Media Pembelajaran
      1.   Buku Sumber  :
      2.   Buku Kerja Siswa

G.   Strategi Pembelajaran

       Pertemuan Pertama :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan   kembali   tentang  koefisien, variable suku sejenis dan
                                 perkalian bilangan bulat dengan sifat-sifatnya
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai  dengan  baik  oleh  siswa,   maka   akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Dengan  demonstrasi,  guru  menjelaskan  cara memfaktorkan bentuk aljabar dengan
           menggunakan dasar kebalikan perkalian suku-suku bentuk aljabar
      ◦   Beberapa  orang  siswa  mendemonstrasikan di depan kelas cara memfaktorkan suku
           aljabar
      ◦   Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh guru
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
      ◦   Memberikan tugas rumah


       Pertemuan Ke dua :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali   tentang  koefisien,  variable suku sejenis dan
                                 perkalian bilangan bulat dengan sifat-sifatnya
      ◦   Motivasi     :   Apabila  materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh  siswa,    maka  akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Dengan   demonstrasi,  guru   menjelaskan  cara   membagi   bentuk  aljabar   dengan
           menggunakan dasar kebalikan perkalian suku-suku bentuk aljabar
      ◦   Beberapa  orang  siswa  mendemonstrasikan  di depan kelas cara membagi soal suku
           aljabar
      ◦   Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh guru
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
      ◦   Memberikan tugas rumah

       Pertemuan Ke tiga :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali   tentang  koefisien,  variable suku sejenis dan
                                 perkalian bilangan bulat dengan sifat-sifatnya
      ◦   Motivasi     :   Apabila  materi  ini  dikuasai  dengan  baik  oleh  siswa,    maka   akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Dengan demonstrasi, guru menjelaskan cara menyederhanakan bentuk perpangkatan
          dengan menggunakan dasar kebalikan perkalian variable yang sejenis
      ◦   Beberapa   orang  siswa  mendemonstrasikan  di depan kelas cara  menyederhanakan
           bentuk perpangkatan
      ◦   Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh guru
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
      ◦   Memberikan tugas rumah

H.   Penilaian
       1.   Jenis Tagihan
             Pertemuan 1   :   test
             Pertemuan 2   :   test
             Pertemuan 3   :   test

2.   Teknik
             Pertemuan 1   :   test harian
      Pertemuan 2   :   test harian
             Pertemuan 3   :   test harian

3.   Bentuk Instrumen
             Pertemuan 1   :   Uraian
      Pertemuan 2   :   Uraian
      Pertemuan 3   :   Uraian

4.      Soal / Instrumen
Pertemuan 1 :
             Faktorkanlah  bentuk-bentuk aljabar berikut :
1.      6a + 15ab                                     6.   x2 + 6x + 9
2.      9pq2 – 12qr                                  7.   x2 – 10x + 25
3.      16x2y + 8yz – 12y                        8.   x2 – 5x – 5
4.      24a2bc – 18ab2 – 12ac – 6a3
5.      12p2qr – 3pqr + 8p2q

Pertemuan 2 :
1.      4a + 6 : 2a
2.      5a – 15 : a – 5
3.      12abc + 4bc : 4ab

Pertemuan 3 :
1.      18x2 + 9x : 6x
2.      x2 – 4 : x + 3x + 2
3.      9x4y3z2 + 6x5y2z3 – 12x2yz : 3xyz


Kritik dan Saran Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….



                                                                                                          Jakarta, 13 Juli 2009
                 Mengetahui,
Kepala SMP N                                                                             Guru Mata Pelajaran



0 komentar :

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Topik, Jangan Menggunakan Kata-Kata Kasar, Komentar Dengan Link Aktif Tidak Akan Dipublikasikan

ttd

Admin Blog