rencana pelaksanaan pembelajaran, rpp contoh
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII/1
Jenjang : SMPAlokasi
Waktu : 6 x 40 menit
====================================================================
A. Standar Kompetensi
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus
B. Kompetensi Dasar
1.1. Melakukan operasi bentuk aljabar
C. Indikator
1.1.1. Menyelesaikan operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar
1.1.2. Menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
D. Materi Ajar
1. Faktorisasi suku aljabar
E. Tujuan Pengajaran
1. Siswa dapat mengartikan koefisien, variabel, suku satu, suku dua dan suku tiga dalam
variable yang sama atau berbeda
2. Siswa dapat menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali dan pangkat dari suku satu, suku dua.
3. Siswa dapat menyelesaikan operasi pembagian dengan suku sejenis atau tidak sejenis
F. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku Sumber
2. Buku Kerja Siswa
G. Strategi Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
▫ Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung
▫ Metode Pembelajaran : Demonstrasi, tanya jawab, tugas
▫ Pendekatan : CTL
1. Pendahuluan ( 10 menit )
◦ Apersepsi : Mengingatkan kembali dasar dari matematika, banyak sekali huruf-
huruf yang dipakai sebagai simbul atau variabel.
◦ Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik oleh siswa, maka akan
bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal.
2. Kegiatan Inti ( 60 menit )
◦ Melalui peragaan guru mengingatkan kembali bentuk-bentuk aljabar dengan contoh-
contoh yang melibatkan koefisien, variable suku satu, suku dua dan suku tiga dalam
variable yang sama atau berbeda
◦ Beberapa orang siswa mendemonstrasikan di depan kelas menunjukkan mana yang
Merupakan koefisien, variabel, suku satu, suku dua dan suku tiga dalam variabel
yang sama atau berbeda.
◦ Melalui peragaan guru mengingatkan kembali dasar dari penjumlahan, perngurangan
dan pangkat dari suku satu, suku dua
◦ Beberapa orang siswa mendemonstrasikan di depan kelas menunjukkan mana yang
merupakan koefisien, variabel, suku satu, suku dua
◦ Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh guru
◦ Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
◦ Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post test
3. Penutup ( 10 menit )
◦ Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
◦ Memberikan tugas rumah
Pertemuan Ke dua :
▫ Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung
▫ Metode Pembelajaran : Demonstrasi, tanya jawab, tugas
▫ Pendekatan : CTL
1. Pendahuluan ( 10 menit )
◦ Apersepsi : Mengingatkan kembali dasar dari perkalian, kemudian lawan dari
perkalian adalah pembagian
◦ Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik oleh siswa, maka akan
bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal
2. Kegiatan Inti ( 60 menit )
◦ Membahas tugas rumah
◦ Guru mengulang kembali bentuk-bentuk aljabar dengan koefisien, variable, suku
satu, suku dua, suku tiga dalam variabel yang sama atau berbeda.
◦ Guru menjelaskan bagaimana operasi tambah, pengurangan, perkalian dan pangkat
dari suku satu, suku dua
◦ Beberapa orang siswa mendemonstrasikan di depan kelas mengerjakan soal yang
diberikan oleh guru.
◦ Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh guru
◦ Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
◦ Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes
3. Penutup ( 10 menit )
◦ Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
◦ Memberikan tugas rumah
Pertemuan Ke tiga :
▫ Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung
▫ Metode Pembelajaran : Demonstrasi, tanya jawab, tugas
▫ Pendekatan : CTL
1. Pendahuluan ( 10 menit )
◦ Apersepsi : Mengingatkan kembali dasar dari perkalian, kemudian lawan dari
perkalian adalah pembagian
◦ Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik oleh siswa, maka akan
bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal
2. Kegiatan Inti ( 60 menit )
◦ Membahas tugas rumah
◦ Guru mengulang kembali materi perkalian sebagai dasar materi pembagian
◦ Melalui peragaan guru menjelaskan bentuk-bentuk aljabar yang dapat dibagi dengan
contoh-contoh yang melibatkan koefisien, variabel suku satu, suku dua dan suku
tiga dalam variabel yang sama atau berbeda
◦ Beberapa orang siswa mendemonstrasikan di depan kelas mengerjakan soal yang
diberikan oleh guru.
◦ Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh guru
◦ Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
◦ Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes
3. Penutup ( 10 menit )
◦ Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
◦ Memberikan tugas rumah
H. Penilaian
1. Jenis Tagihan
Pertemuan 1 : test
Pertemuan 2 : test
Pertemuan 3 : test
2. Teknik
Pertemuan 1 : test harian
Pertemuan 2 : test harian
Pertemuan 3 : test harian
3. Bentuk Instrumen
Pertemuan 1 : Uraian
Pertemuan 2 : Uraian
Pertemuan 3 : Uraian
4. Soal / Instrumen
Pertemuan 1 :
Tentukan mana yang merupakan koefisien, variabel dan bilangan atau konstanta dari soal-soal berikut !
1. 2a
2. 4b + 3
3. 5x – 6
4. 12 + 9p
5. 196 – 8h
6. 4a + 3b + 2
7. 5x2 + 2x - 3
8. 8p3 – 3p2 + 4p
9. 3ab + 4
10. 5pqr – 1
Pertemuan 2 :
1. Operasi penjumlahan :
a. Jumlahkan 3a + 2 dengan 2a + 1
b. Jumlahkan 4x + 3 dengan 5x – 2
c. Jumlahkan 6p – 7 dengan 9p – 11
d. Jumlahkan 2ab + 3 dengan 4ab – 9
e. Jumlahkan 5x2y – 4x dengan 6x + 3x2y
2. Operasi pengurangan :
a. Kurangkan 2a + 3 dari 5a + 7
b. Kurangkan 4x + 5 dari 2x – 9
c. Kurangkan 9p – 7 dari x – 3
d. Kurangkan 3ab + 2 dari 9ab + 5
e. Kurangkan 4 + 2xy dari 5xy – 2
3. Selesaikan soal-soal berikut :
a. 3a(4a + 2)
b. 4x2 (x – 5)
c. (5p + 2)(3p + 4)
d. (2k2 + 4)(6k3 – 3)
e. (3x3 + 2) 2
Pertemuan 3 :
Sederhanakan soal-soal berikut :
1. 12a : 3
2. 16x3 : 8x
3. 14p2q3 : 7pq
4. (ab) 6 : (ab) 2
5. (12x4y3z2) : (3xyz) 2
Kritik dan Saran Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
Jakarta, 13 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII/
Jenjang : SMPAlokasi
Waktu : 6 x 40 menit
Kelas / Semester : VIII/
Jenjang : SMPAlokasi
Waktu : 6 x 40 menit
====================================================================
A. Standar Kompetensi
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus
B. Kompetensi Dasar
1.2. Mengurai bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
C. Indikator
1.2.1. Menentukan faktor suku aljabar.
1.2.2. Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
D. Materi Ajar
1. Pemfaktoran suku bentuk aljabar
2. Menyederhanakan pembagian suku
3. Menyederhanakan perpangkatan konstanta dan suku
E. Tujuan Pengajaran
1. Siswa dapat memfaktorkan suku bentuk aljabar
2. Siswa dapat menyederhanakan pembagian suku aljabar
3. Siswa dapat memangkatkan konstanta dan suku aljabar
F. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku Sumber :
2. Buku Kerja Siswa
G. Strategi Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
▫ Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung
▫ Metode Pembelajaran : Demonstrasi, tanya jawab, tugas
▫ Pendekatan : CTL
1. Pendahuluan ( 10 menit )
◦ Apersepsi : Mengingatkan kembali tentang koefisien, variable suku sejenis dan
perkalian bilangan bulat dengan sifat-sifatnya
◦ Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik oleh siswa, maka akan
bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal
2. Kegiatan Inti ( 60 menit )
◦ Dengan demonstrasi, guru menjelaskan cara memfaktorkan bentuk aljabar dengan
menggunakan dasar kebalikan perkalian suku-suku bentuk aljabar
◦ Beberapa orang siswa mendemonstrasikan di depan kelas cara memfaktorkan suku
aljabar
◦ Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh guru
◦ Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
◦ Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes
3. Penutup ( 10 menit )
◦ Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
◦ Memberikan tugas rumah
Pertemuan Ke dua :
▫ Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung
▫ Metode Pembelajaran : Demonstrasi, tanya jawab, tugas
▫ Pendekatan : CTL
1. Pendahuluan ( 10 menit )
◦ Apersepsi : Mengingatkan kembali tentang koefisien, variable suku sejenis dan
perkalian bilangan bulat dengan sifat-sifatnya
◦ Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik oleh siswa, maka akan
bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal
2. Kegiatan Inti ( 60 menit )
◦ Dengan demonstrasi, guru menjelaskan cara membagi bentuk aljabar dengan
menggunakan dasar kebalikan perkalian suku-suku bentuk aljabar
◦ Beberapa orang siswa mendemonstrasikan di depan kelas cara membagi soal suku
aljabar
◦ Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh guru
◦ Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
◦ Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes
3. Penutup ( 10 menit )
◦ Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
◦ Memberikan tugas rumah
Pertemuan Ke tiga :
▫ Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung
▫ Metode Pembelajaran : Demonstrasi, tanya jawab, tugas
▫ Pendekatan : CTL
1. Pendahuluan ( 10 menit )
◦ Apersepsi : Mengingatkan kembali tentang koefisien, variable suku sejenis dan
perkalian bilangan bulat dengan sifat-sifatnya
◦ Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik oleh siswa, maka akan
bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal
2. Kegiatan Inti ( 60 menit )
◦ Dengan demonstrasi, guru menjelaskan cara menyederhanakan bentuk perpangkatan
dengan menggunakan dasar kebalikan perkalian variable yang sejenis
◦ Beberapa orang siswa mendemonstrasikan di depan kelas cara menyederhanakan
bentuk perpangkatan
◦ Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh guru
◦ Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
◦ Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes
3. Penutup ( 10 menit )
◦ Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
◦ Memberikan tugas rumah
H. Penilaian
1. Jenis Tagihan
Pertemuan 1 : test
Pertemuan 2 : test
Pertemuan 3 : test
2. Teknik
Pertemuan 1 : test harian
Pertemuan 2 : test harian
Pertemuan 3 : test harian
3. Bentuk Instrumen
Pertemuan 1 : Uraian
Pertemuan 2 : Uraian
Pertemuan 3 : Uraian
4. Soal / Instrumen
Pertemuan 1 :
Faktorkanlah bentuk-bentuk aljabar berikut :
1. 6a + 15ab 6. x2 + 6x + 9
2. 9pq2 – 12qr 7. x2 – 10x + 25
3. 16x2y + 8yz – 12y 8. x2 – 5x – 5
4. 24a2bc – 18ab2 – 12ac – 6a3
5. 12p2qr – 3pqr + 8p2q
Pertemuan 2 :
1. 4a + 6 : 2a
2. 5a – 15 : a – 5
3. 12abc + 4bc : 4ab
Pertemuan 3 :
1. 18x2 + 9x : 6x
2. x2 – 4 : x + 3x + 2
3. 9x4y3z2 + 6x5y2z3 – 12x2yz : 3xyz
Kritik dan Saran Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
Jakarta, 13 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMP N Guru Mata Pelajaran
0 komentar :
Post a Comment
Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Topik, Jangan Menggunakan Kata-Kata Kasar, Komentar Dengan Link Aktif Tidak Akan Dipublikasikan
ttd
Admin Blog