sejarah PENGERTIAN SEO DAN MANFAATNYA

Pengertian SEO?
seo asalnya dari bahasa inggris, search engine optimazation begitu katanya, berdasarkan katanya seo dapat diartikan sebagai search engine(mesin pencari, mesin penelusur, mesin penemu dll) dan optimazation (optimal, mengoptimalkan, maksimal). dalam pengertian harfiah SEO berarti proses mengoptimalkan, memaksimalkan, agar search engine/mesin pencari, penelusur dapat menemukan blog/web yang dibuat dengan kata kunci/keyword tertentu. dari keyword inilah nantinya mesin pencari menemukan halaman blog ketika sipencari mengetikkan kata yang sesuai dengan keyword yang dibuat pada halaman we/blog. pengertian seo dapat diartikan dengan cara memaksimalkan agar web/blog berada di halaman pertama google/mesin pencari(search engine) dengan kata kunci/keyword tertentu yang di optimalkan dalam halaman web/blog.
pengertian lainya tentang seo adalah bagaimana agar blog/web diindek atau ditemukan oleh mesin pencari/search engine seperti google, yahoo, mozilla dll.
pengertian seo mengenai bagaimana cara mesin penelusur/search engine menemukan halaman blog/web
pengertian seo adalah cara/tehnik yang digunakan agar website/blog lebih dikenal oleh mesin pencari/search engine sehingga populer di hasil pencarian mesin penelusur tersebut dan mudah ditemukan.
pengertian seo yaitu cara agar search engine lebih mudah dalam menemukan/mengindeks halaman website/blog.
pengertian seo adalah cara yang terstruktur dan sistematis yang dilakukan/diterapkan didalam/diluar halaman web atau blog agar blog mudah dicari/ditemukan, proses yang sistematis dan memerlukan waktu yang lama serta kesabaran.
pengertian seo adalah cara atau tehnik yang digunakan untuk membuat wesite, blog menjadi peringkat, halaman pertama google, bing, yahoo dll.
seo adalah cara membuat web, blog barada di halaman pertama di google dengan kata kunci, keyword tertentu yang sudah ditargetkan pada blog.
Sejarah berdirinya SEO
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi. Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka.
Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut.
Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yangrelevan dan berkualitas.
Penerapan seo dalam web, blog harus mengikuti aturan-aturan yang berlaku pada suatu search engine tertentu yang menjadi rujukannya
Teknik SEO diterapkan pada suatu website dengan tujuan untukmeningkatkan jumlah pengunjung website tersebut. Banyak sekali faktor yang menentukan keberhasilan dalam SEO namun dapat di golongkan menjadi dua yaitu :
  1. Onpage Optimazation yaitu teknik melakukan optimasi dari dalam suatu website dengan jalan memodifikasi faktor-faktor tertentu dari bagian suatu website misalkan menentukan title, tag, content yang relevan dengan title dan lain-lain
  2. Offpage Optimazation yaitu teknik optimasi yang dilakukan dari luar bagian website dengan tetap mengacu pada alogaritma search engine tertentu misalkan memperbanyak backlink yang berkualitas

Teknik SEO bagi kebanyakan orang bisa terbilang sulit karena membutuhkan skill yang cukup dan tingkat kesabaran yang tinggi sedangkan hasilnya tidak dapat dilihat secara langsung. Selain itu metode search engine tertentu, untuk meng-index hasil pencarian juga sering berubah. Oleh karena itu SEO dapat dikatakan sangat dinamis karena metodenya berubah dari waktu ke waktu dan juga SEO tidak dapat memberikan jaminan apakah website Anda akan muncul dalam index pencarian teratas.
Fungsi seo
Fungsi dari seo hanyalah untuk mendatangkan visitor, trafic, pengunjung dari suatu search engine(mesin pencari) seperti google datang ke halaman blog/website.

Fungsi SEO adalah sebuah metode pengelolaan halaman web yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan mesin pencari. Sedangkan hasil yang didapat dari penggunaan SEO Friendly ini adalah mendapatkan pengunjung berkualitas, meningkatkan traffik yang organik, membangun situs jangka panjang. cara mendapatkan semua hasil dari penggunaan SEO. Untuk memperoleh semua hasil yang didapatkan memang tidak mudah. Dibutuhkan kinerja, konsistensi, edukasi, kesabaran, dan fokus. Dalam membangun itu semua dibutuhkan waktu yang lama sekitar 13 bulan. Karena penilaian search engine adalah berdasarkan beberapa faktor seperti Article, SEO, Design, Backlink, Analysis, dan Function.

Fungsi dan Tujuan SEO adalah menempatkan sebuah situs blog/web pada posisi teratas di Search Engine khususnya diGoogle, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs blog/web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

SEO Berfungsi Untuk Mendatangkan Traffic yang Banyak
Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.idyang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.

Secara umum Fungsi SEO (Search Engine Optimization):
  1. Menaikkan pagerank Web/Blog agar blog menempati posisi di halaman utama google.
  2. Meningkatkan popularitas web.
  3. Mendapatkan trafik atau pengunjung yang datang ke Web melalui Search Engine.
  4. Dapat meningkatkan penjualan melalui Pencarian di Search Engine
Keuntungan dan kegunaan Melakukan cara SEO di blog

Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.

Banyak sekali keuntungan/keuntungan dari melakukan SEO yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, diantaranya yaitu :

#1 Meningkatkan Penjualan
Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.idyang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.

#2 Meningkatkan Daya Saing
Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi. Masih banyak lagi keuntungan dari SEO ini yang tidak saya sebutkan semua, karena saya yakin dengan 3 hal diatas saja pasti anda sudah mengerti mengenai keuntungan SEO.

0 komentar :

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Topik, Jangan Menggunakan Kata-Kata Kasar, Komentar Dengan Link Aktif Tidak Akan Dipublikasikan

ttd

Admin Blog